Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un -Telah Wafat KH Sahal Mahfuzh Kajen Pati Jawa Tengah (Rois 'Aam PBNU dan Ketua Umum MUI- lahul fatihah

PETUNJUK KESUKSESAN

Al-Quran adalah petunjuk untuk sukses dunia dan akhirat. Petunjuk yang diturunkan dari Penguasa dan Pencipta alam raya Zat Yang Maha Mengetahui segala sesuatu.
Bila menurut anda blog ini bermanfaat, sebarkanlah kepada keluarga dan teman-teman anda serta jadilah bagian dari penyuka halaman AL-QURAN FIRMAN SUCI di facebook.

Kamis, 01 April 2010

YANG TERAKHIR TURUN


Ada perbedaan pendapat mengenai bagian Al-Quran yang terakhir turun.

Kebanyakan orang (terutama di Indonesia) memandang bahwa ayat Al-Quran yang terakhir turun adalah surat Al-Maidah ayat 3. Namun pendapat ini dipandang bukanlah pendapat yag kuat.

Syaikh 'Ali As-Sobuni pada Kitabnya At-Tibyan fi 'ulumil quran merujuk kepada penjelasan Imam As-Suyuthi bahwa pendapat yang sohih dan kuat adalah bahwa ayat Al-Quran yang terakhir turun adalah surat Al-Baqoroh ayat 281.

Penjelasan tersebut di dukung bahwa ayat 3 surat Al-maidah turun pada saat hajji wada. Setelah itu Rosululloh s.a.w. masih hidup sekitar 81 hari. Sedangkan ayat 281 surat Al-Baqoroh turun sembilan malam sebelum Rosululloh s.a.w. wafat.

Pertanyaannya adalah apabila pada al-maidah ayat 3 sudah disampaikan bahwa Allah telah menyempurnakan agama dan meridoi islam sebagai agama, apakah masih diperlukan lagi ada ayat yang lain ?

Pertanyaan itu dijawab bahwa dengan surat al-maidah ayat 3 telah dinyatakan bahwa syari'at itu telah tuntas sempurna. Namun, sepanjang zaman manusia masih membutuhkan peringatan-peringatan. Maka ayat-ayat yang berkaitan dengan peringatan masih diturunkan. Ayat-ayat peringatan tersebut seprti al-baqoroh ayat 281 yang mengingatkan manusia pada hari akhir saat kembali kepada Allah kemudian mendapatkan balasan dari segala amal perbuatannya.

Ayat 281 surat al-baqoroh pun lebih menyiratkan tentang telah dekatnya saat wafatnya Rosululloh s.a.w.

Wallohu a'lam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar