Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un -Telah Wafat KH Sahal Mahfuzh Kajen Pati Jawa Tengah (Rois 'Aam PBNU dan Ketua Umum MUI- lahul fatihah

PETUNJUK KESUKSESAN

Al-Quran adalah petunjuk untuk sukses dunia dan akhirat. Petunjuk yang diturunkan dari Penguasa dan Pencipta alam raya Zat Yang Maha Mengetahui segala sesuatu.
Bila menurut anda blog ini bermanfaat, sebarkanlah kepada keluarga dan teman-teman anda serta jadilah bagian dari penyuka halaman AL-QURAN FIRMAN SUCI di facebook.

Selasa, 30 Maret 2010

YANG PERTAMA DITURUNKAN


Terjadi perbedaan pendapat dalam sejarah tentang bagian Al-Quran yang pertama diturunkan. Apabila riwayat-riwayat tersebut dikumpulkan dan diteliti, di antaranya ada kesimpulan bahwa bagian pertama yang turun dari Al-Quran adalah Bismillahirrohmanirrohim.

Adapun surat Al-'Alaq ayat 1-5 yang umum disebutkan sebagai yang pertama turun dipandang bukan bagian Al-Quran yang pertama turun, namun surat yang pertama turun.

Keterangan tersebut di antaranya dapat diperoleh di kitab Asbabun Nuzul karya Syaikh Abil Hasan 'Al bin Ahmad Al-Wahidi An-Naisaburi.

Dalam kitab itu disampaikan riwayat dari 'Ikrimah dan Al-Hasan, bahwa keduanya berkata, "Bagian Al-Quran yang pertama diturunkan adalah bismillahirrohmanirrohim, Itulah bagian Al-Quran yang pertama diturunkan di Makkah, dan Surat yang pertama adalah Iqro bismi robbika.

Wallohu a'lam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar