Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un -Telah Wafat KH Sahal Mahfuzh Kajen Pati Jawa Tengah (Rois 'Aam PBNU dan Ketua Umum MUI- lahul fatihah

PETUNJUK KESUKSESAN

Al-Quran adalah petunjuk untuk sukses dunia dan akhirat. Petunjuk yang diturunkan dari Penguasa dan Pencipta alam raya Zat Yang Maha Mengetahui segala sesuatu.
Bila menurut anda blog ini bermanfaat, sebarkanlah kepada keluarga dan teman-teman anda serta jadilah bagian dari penyuka halaman AL-QURAN FIRMAN SUCI di facebook.

Rabu, 03 Maret 2010

FIRMAN ALLAH

Firman Allah adalah terjemahan bahasa Indonesia yang dipergunakan untuk kalamulloh dalam bahasa Arab.


Kalamulloh ada dua, yaitu kalam dall dan kalam madlul.

Kalam dall adalah kalam yang menunjukkan kalam madlul.

Kalam madlul adalah sifatun qodimatun qoimatun bizatihi ta'ala. Kalam madlul adalah sifat Allah. Kalam madlul ini tidak ada suara, huruf, kata dan lain sebagainya sebagaimana kalam makhluk. Mengapa ? Bukankah Allah Mukholafah lil hawadisi (berbeda dengan makhluk) ?

Bagaimana kita bisa memahami dalam dall dan madlul ini ?

Kita mengambil pelajaran dari diri kita sendiri. Hati kita katakan memiliki kata hati. Kata hati ini tidak ada suaranya, tidak ada hurufnya, tidak ada katanya. Kata hati dipahami oleh diri kita, dan diekspresikan dalam kata, suara dan gerak (tawa, tangis, senyum, dll) yang menunjukkan kata hati itu. Kata hati ini permisalan kalam madlul. Ekpresi kata, suara dan gerak yang menunjukkan kata hati adalah permisalan untuk kalam dall.

Al-Quran yang kita baca ada suara, kata dan hurufnya. Al-Quran ini adalah kalam dall. Al-Quran ini menjadi petunjuk untuk memahami kalam madlul, seperti tangisan petunjuk untuk memahami kesedihan hati.

Allohu a'lam bis sowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar