Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un -Telah Wafat KH Sahal Mahfuzh Kajen Pati Jawa Tengah (Rois 'Aam PBNU dan Ketua Umum MUI- lahul fatihah

PETUNJUK KESUKSESAN

Al-Quran adalah petunjuk untuk sukses dunia dan akhirat. Petunjuk yang diturunkan dari Penguasa dan Pencipta alam raya Zat Yang Maha Mengetahui segala sesuatu.
Bila menurut anda blog ini bermanfaat, sebarkanlah kepada keluarga dan teman-teman anda serta jadilah bagian dari penyuka halaman AL-QURAN FIRMAN SUCI di facebook.

Rabu, 16 Juni 2010

APAKAH SEBELUM MEMBACA AL-QURAN HARUS MEMBACA BASMALAH ?


Umat Islam sepakat harus membaca basmalah sebelum membaca Al-Quran bila mulai membaca pada awal surat yang dimulai dengan basmalah.

Bagaimana bila membaca di tengah-tengah surat ?

Di antara umat islam terjadi perbedaan pendapat, yaitu :

PERTAMAtidak perlu membaca basmalah.

Pendapat ini didasarkan kepada perintah Allah yang termaktub pada surat An-Nahl ayat 98 "faiza qoro'tal qurana fasta'iz billahi minasy syaitonir rojim (maka bila kamu hendak membaca Al-Quran maka mohon perlindunganlah kepada Allah dari syetan yang terkutuk). Mereka berpendapat bahwa yang diperintah hanyalah ta'awwuz, tidak ada perintah untuk basmalah.

KEDUAharus membaca basmalah

Pendapat ini pokonya didasarkan kepada upaya mengamalkan firman Allah surat A-'Alaq ayat 1 : "Iqro bismirobbikallazi kholaq (bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan)" Ayat tersebut adalah perintah membaca dengan nama Tuhan. Salah satu praktek yang paling mudah adalah membaca Al-Quran dengan didahului basmalah.

Selain itu, berupaya pula mengamalkan hadis : "kullu amrin zi balin la yubda u fihi bibismillahirrohmanirrohim fahu aqto' (segala sesuatu yang dipandang baik oleh syari'at yang tidak dimulai dengan bismillahirrohmanirrohim tidak sempurna / sedikit berkahnya).

Allohu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar